6 Tempat Menarik yang perlu Anda Kunjungi di Istanbul

Menariknya jalan-jalan di Istanbul

Menariknya jalan-jalan di Istanbul

Istanbul penuh dengan sejarah, pantai, dan bangunan yang indah, yang mana selalu menjanjikan liburan yang mempesona.  Istanbul, yang pernah menjadi ibu kota Byzantium dan kerajaan Turki Usmani, selalu menjadi pilihan dalam kebanyakan rencana perjalanan akan tetapi masih banyak tujuan yang lebih besar. Team Cutihalal.com mengemas 6 tempat menarik yang patut anda kunjungi ketika anda berada di Turki.

1. Masjid Sultanahmet atau Masjid Biru

Masjid ini di bangun pada tahun 1609 pada  zaman Turki Usmani . Ia  terletak di sekitar kawasan Sultanahmet. Masjid ini di bina untuk menandingi Haghia Sofia yang ketika itu terkenal sebagai masjid yang terhormat di Istanbul .

Sultanahmet membina masjid itu sebagai masjid pertama di zaman beliau sebagai lambang kehebatan Kesultanan Turki. Uniknya masjid ini memiliki 6 menara ketika pada zaman tersebut semua masjid hanya ada 4 menara sahaja. Bentuk masjid juga merupakan gabungan arsitektur Byzantine serta tradisi islam.

Bangunan kaca yang ada di dalam masjid ini di datangkan khas sebagai hadiah dari Venice. Tidak ada bayaran di kenakan kepada pengunjung masjid ini namun ia tidak dibuka kepada wisatawan  ketika masuk waktu solat. Kenapa masjid ini di panggil masjid biru? Karena keramik yang menghiasi bagian dalam dinding masjid menggunakan warna biru.

2. Haghia Sofia

Haghia Sofia asalnya merupakan sebuah gereja. Ketika Sultan Muhammed ke 11( Sultan Al Fatih )  mengalahkan Constantinople ia menjadikan Haghia Sofia sebagai masjid. Sultan Al Fatih sendiri mengimamkan solat di masjid tersebut. Ketika Kamal Attarturk merampas kuasa di zaman kejatuhan Kesultanan Turki Usmani, masjid ini di tukar kembali menjadi sebuah Musium.

Ada info bahwa ada dinding Haghia Sofia yang menunjukkan ciri-ciri ugama kristian yang telah di tutup oleh Sultan Al Fatih ini telah di buka kembali. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan asal bangunan Haghia Sofia sebagai sebuah gereja .

Untuk masuk ke sini kita akan di kenakan bayaran sebanyak 25 TL , lebih kurang Rp 130ribu.

3. Grand Bazar

Grand Bazaar merupakan salah satu tempat menarik di Turki dan  paling populer untuk wisatawan membeli oleh-oleh. tempat tersebut  merupakan pasar beratap yang tertua di Turki dengan keluasan sebesar 54.000 meter persegi. Di dalam pasar ini dapat di katakan terdapat berbagai macam barang yang di gemari wisatawan.

Oleh karana jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini sangat ramai hingga menjangkau 400,000 orang sehari harga barang menjadi lebih mahal dibanding di tempat lain. Terdapat Hampir 4000 toko yang mana letaknya bersambungan di antara 56 lorong di dalam pasar tersebut. Pasar ini di buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 7 malam.

4. Miniaturk

Jika kita tak memiliki banyak waktu untuk menjelajahi Turki ,  ada satu taman miniature yang konsepnya sama seperti Mini Europe di Brussels. Tempat ini sangan menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Di Miniaturk kita dapat melihat 105 monumen-monumen kecil arsitektur dari zaman Byzantine hingga ke zaman Kesultanan Turki Usmani. 45 model arsitektur ini terdapat  di Istanbul , 45 lainnya terdapat di wilayah Turki lainnya dan 15 model lagi di bangun  oleh orang Turki yang berada di perbatasan negara lain.

Model-model bangunan ini termasuk didalamnya semua destinasi populer atau tempat menarik di Turki. Jika kita berlibur bersama keluarga dan membawa anak-anak di taman mini ini terdapat taman permainan anak-anak. Anda dapat meluangkan waktu bersama anak anda sehari di sini . Biaya yang di kenakan kepada pengunjung yaitu sebesar 10 TL atau duit kita dalam Rp 50ribu.

5. Topkapi Palace

Istana Topkapi merupakan istana terbesar di Istanbul dan tertua di dunia. Istana ini di bangun pada zaman pemerintahan Sultan Muhamad Al Fatih dengan keluasan mencapai 700,000 hektar. Dimasa kegemilangan, istana ini dihuni sebanyak 4000 orang.

Ia menjadi pusat pemerintahan, undang-undang serta perpustakaan . Istana Topkapi menyimpan harta kerajaan, pakaian, hasil seni rupa, senjata ,  jubah dan pedang Nabi Muhamad SAW serta barang-barang peninggalan nabi-nabi yang lain.

Memasuki istana ini kita berpeluang merasai bagaimana raja dulu-dulu menghabiskan masa mereka beristirahat dengan keluarga. 2 tahun selepas kejatuhan Kesultanan Turki Usmani dan di ambil alih oleh Kamal Attartuk istana ini di jadikan musium.

Biaya memasuki istana ini adalah 20 TL ( lebih kurang Rp 100ribu ). Jika kita ingin masuk ke kawasan harem yaitu kawasan peribadi kaum wanita yang tidak boleh di masuki oleh orang lelaki, terdapat biaya tambahan sebesar 15 TL atau lebih kurang Rp 77ribu.

6. Bosphorus Cruise

Bosphorus Cruise merupakan kapal pesiar yang menyajikan keindahan Istanbul dari laut . Kita akan di bawa melewati Selat Bosphorus yang memisahkan negara Turki dengan negara asia dan eropa. Turki adalah negara Islam yang kedudukannya berada di tengah-tengah.

Kita dapat melihat rumah-rumah penduduk , tempat pertahanan yang di bangun tentara pada zaman dahulu serta bangunan bangunan lama peninggalan kesultanan Turki Usmani. Istanbul pada zaman dahulu dikenal sebagai sebuah kerajaan yang mempunyai pertahanan laut yang sangat di segani. Ada beberapa paket kapal pesiar  yang boleh kita ambil dengan beberapa pemberhentian tergantung pada pilihan kita. Jika tidak cukup waktu yang tersedia, Anda dapat mengambil paket kapal pesiar  yang lebih murah.

 

Menarik bukan menjelajahi kota Instanbul ini. Masih banyak tempat lain yang tidak disebutkan oleh admin Cutihalal dapat anda singgahi dan di jadikan pengalaman serta pembelajaran. Selamat bercuti dan menikmati Kota yang indah yaitu Istanbul.

Jangan lupa untuk mengikuti berita dan promosi dari kami dengan cara menekan tombol subscribe dibawah!

 

Referensi:

http://kakimelancong.com/artikel/9-tempat-menarik-di-turki-yang-di-sukai-rakyat-malaysia/

[sc name=”test_form”]

About the author

Achmad adalah CoFounder dan CEO Cutihalal.com dengan pengalaman di bidang desain, IT dan marketing. Achmad mendirikan cutihalal.com pada 2017. Achmad juga merupakan seorang writer dan Editor.

Leave a Reply

Ads

5 Paket Tour Terbaik

Ads