Memanfaatkan Kartu ATM Saat Berada Di Arab Saudi

Penggunaan ATM untuk penarikan tunai  Saat Berada Di Arab Saudi

Memanfaatkan Kartu ATM Saat Berada di Arab Saudi

Arab Saudi adalah salah satu negara favorit para pelancong muslim untuk berlibur dan terutama untuk melakukan ibadah. Baitullah atau rumah Allah yaitu ka’bah di kota mekkah dan masjid nabawi yang terletak di kota madinah menjadi daya kekuatan pariwisata untuk Arab Saudi. Namun untuk anda yang ingin melakukan liburan atau beribadah ke Arab Saudi, tentunya anda perlu memikirkan finansial anda saat anda berada negara tersebut. Kebanyakan orang pergi dengan membawa uang dolar amerika atau uang rupiah indonesia kemudian mereka akan menukarkan uang tersebut di tempat penukaran uang untuk medapatkan uang riyal saudi.

Serunya Jalan-Jalan 4 hari / 3 malam di Kuala Lumpur

Namun ada cara lain yang tidak membuat anda bingung dan ribet untuk mendapatkan uang riyal saudi selain dengan cara menukar di money changer. Anda bisa menggunakan kartu ATM anda untuk menarik uang tunai dari saldo anda. Inilah hal yang perlu diperhatikan agar anda tahu apakah kartu ATM anda dapat di pakai untuk menarik uang tunai yaitu perhatikan logo ATM bank yang akan dipilih.

Pastikan kartu ATM tersebut sesuai dengan jaringan bank Indonesia milik anda. Caranya sangat mudah yaitu anda perlu melihat logo jaringan servis financial di kartu anda. Biasanya Mastercard ataupun Visa paling umum digunakan di mesin ATM di seluruh dunia. Dan hampir semua bank di arab saudi bekerja sama dengan mastercard dan visa. Baik BCA, Cimb niaga, Mandiri, BRI, BNI semua bisa tarik tunai di arab saudi. Dan biaya penarikan untuk setiap transaksi adalah 2.5 Dollar Amerika atau 35.000 rupiah. Dan beberapa bank yang menerima kartu ATM dari Bank asal Indonesia yang berlogo Mastercard, Visa, Plus maupun Maestro antara lain NCB, SABB, Al Rajhi Bank, Alinma Bank, Saudi Hollandi Bank dan lain-lain.

Oleh sebab itu banyak orang yang menyarankan untuk memilih mendapatkan uang riyal saudi melalui ATM karena biaya servis diambil dalam sekali transaksi penarikan dibandingkan melalui penukaran yang biaya tambahanya diambil dari per nominal.

Keuntungan yang bisa didapat dengan menarik uang dengan ATM adalah agar para pelancong tidak membawa uang dalam jumlah besar dengan begitu diharapkan dapat menekan kasus kriminalitas yang terkait uang. Meskipun mayoritas orang yang pergi kesana bertujuan untuk beribadah namun cukup penting juga untuk berwaspada terhadap kehilangan uang, pencurian, atau perampasan.

Baca Juga:

5 Tips Menyimpan Uang Secara Aman Saat Umrah

Serunya Jalan-Jalan 4 hari / 3 malam di Kuala Lumpur

Referensi:

https://cakmaryono.com/pengalaman-haji-bag-4-tarik-tunai-di-saudi/

http://www.syakirawisata.com/memanfaatkan-kartu-atm-selama-perjalanan-ibadah-umroh

2 Responses

Leave a Reply

Ads

5 Paket Tour Terbaik

Ads