Arti dari Travelling Backpacker

Backpacker adalah berasal dari kata backpack. Akar katanya back dan pack. Back, yang di-Indonesia-kan ‘belakang’, berasal dari kata Inggris kuno baec. Consice Oxford Dictionary menyebut baec datang dari bahasa Jerman. Pack juga pinjaman bahasa Jerman; kata bendanya pak, dan jika digunakan untuk kata kerja adalah pakken. Penutur bahasa Jawa punya kata ‘pak’ (misal: satu pak [satu bungkus]) dan bahasa Indonesia memiliki kata ‘paket’ (dari package) yang kira-kira semakna. Di dalam dunia parawisata dasarnya mengenal banyak istilah untuk pelaku wisata baik dari jenis wisata maupun dari segi jumlah wisatawan. Istilah Backpaking atau backpacker sebagai subjek adalah istilah umum yang diberikan pada wisatawan yang berpergian dengan menggunakan Back pack , tas yang di gendong di punggung atau Ransel. Turis backpacker umumnya mempunyai ciri-ciri yang membedakan turis jenis ini dengan turis lainnya.

Mengenal lebih dalam tentang traveling Backpacker
sumber: www.idntimes.com

Salah satu nya adalah backpaker umumnya didominasi oleh kaum muda dengan mobilitas yang tinggi yaitu sering berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain, dari suatu daerah ke daerah lain. Karena kebiasaan berpindah-pindah ini maka rasel menjadi pilihan yang sangat praktis. Selain itu Backpacker juga biasanya menggunakan hotel atau penginapan yang sederhana dan mereka berwisata ke suatu tempat umumnya tanpa menggunakan jasa Travel Agent atau biro perjalan wisata. Kalaupun mereka harus menggunakan jasa travel, biasanya para backpacker akan memilih jasa travel yang cukup murah dan tidak terlalu terikat akan urusan tujuan wisatanya (contoh: seorang backpacker menuju ke suatu negara dengan biaya keberangkatan sendiri, namun pada suatu tempat yang menarik turis mereka akan menyewa agen travel lokal untuk menunjukan dan memfasilitasi mereka di tempat tersebut).

Image result for hostel singapore

Hal ini tentu berbeda dengan para traveller yang biasanya memilih untuk menginap di hotel berbintang dan menuju beberapa pantai atau tempat pusat liburan turis yang lainya. Biasanya traveller jenis ini akan lebih dominan di beberapa tempat atau kota saja dan dengan menggunakan jasa agen travel demi kenyamanan mereka. Berbeda dengan backpacker yang lebih memilih untuk melakukan eksplorasi ke beberapa tempat yang lebih menarik menurut mereka. Ciri khas lain dari backpacker biasanya mereka sering bepergian sendiri tanpa berkelompok. Namun biasanya banyak juga para backpacker yang memilih pergi dengan kelompok kecil atau sekitar 2 sampai 10 orang.

Image result for backpackers

Dan yang terakhir, perbedaan yang paling mencolok dari backpacker adalah mereka melakukan suatu perjalanan yang dilakukan melalui beberapa proses seperti membuat itinerary, membuat perencanaan dan perincian dana yang akan dikeluarkan, menyiapkan perlengkapan, menentukan destinasi, menetapkan akomodasi dan transportasi yang sesuai dengan dana atau budget. Seorang backpacker biasanya selalu siap menghadapi berbagai kemungkinan. Biasanya tidak peduli ketika harus menaiki kendaraan umum yang sesak dan tidak nyaman. Dan juga Sementara backpacker pada era modern saat ini banyak yang mempersiapkan diri dengan peralataan (gadget) yang canggih dan terkini. Tak usah heran saat anda melihat seorang pelancong yang membawa ransel dengan mengenakan pakaian seadanya tapi memegang gadget canggih untuk menentukan dan membantu perjalanan mereka.

Jadi melalui beberapa penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa ada keuntungan dan kerugian apabila bepergian dengan metode backpacker travel. Berikut adalah poin-poin keuntungan dan kerugian travel dengan cara backpacker:

Keuntungan Backpacker

Menemukan Pengalaman Baru dan Membuat Anda Lebih Mandiri

Dengan backpacker, pastinya orang yang melakukan perjalanan ini akan mencoba menemukan segala cara untuk menghemat biaya. Biasanya apabila backpacker ingin melakukan perjalanan akan berusaha sampai tujuan dengan transportasi yang terjangkau. Dari sini, pelaku backpacker akan menemukan pengalaman baru dengan melakukan perjalan menggunakan kereta api atau bis untuk menuju destinasinya. Oleh karenanya, cara ini dapat membuat anda lebih mandiri dengan melakukan eksplorasi rute kereta api dan bis. Yang tentunya cara ini sangat menarik dan tidak menutup kemungkinan anda dapat mengenal lebih banyak orang baru karena anda perlu untuk bertanya ke penduduk lokal tentang rute transportasi umum.

Hemat Biaya

Menghemat biaya akan sangat membantu bagi Anda yang tidak punya banyak dana liburan tetapi ingin sejenak menghilangkan kepenatan. Alasan ini lah yang utama untuk membuat orang melakukan backpacker. Karena anda harus menemukan alternatif terbaik untuk menghemat budget anda selama perjalanan tanpa harus menghilangkan kenyamanan.

Waktu yang Lebih Fleksibel

Dengan cara backpacker, anda tidak perlu tergesa-gesa dalam mengunjungi satu tempat ke tempat yang lain. Karena tidak seperti bepergian dengan agen travel yang sudah memiliki jam dan jadwal yang sudah ditentukan dan harus dipatuhi demi kenyamanan pelanggan yang lain. Karena alasan lain yaitu dengan bepergian menggunakan kereta atau bis dari satu tempat ke tempat lain, waktu yang diperlukan tentunya juga lebih panjang. Karena itu anda harus bisa menikmati waktu anda dengan cara backpacker.

 

Kerugian Backpacker

Membuat Perjalanan Lebih Repot

Tentu melakukan perjalanan tanpa jasa agen travel membuat anda mempersiapkan segalanya sendiri. Persiapan juga harus matang dari jauh-jauh hari agar saat sampai tujuan tidak mengganggu kelangsungan liburan anda. Meskipun rencana dan persiapan perjalanan sudah baik, terkadang ada hal yang tidak terduga yang bisa jadi merepotkan anda dalam liburan backpacking.

Memakan Waktu Lebih Lama

Demi menghemat biaya, seorang backpacker pasti akan memilih alternatif semurah mungkin. Dari tiket pesawat yang lebih murah sampai menggunakan transportasi umum untuk bepergian. Biasanya, tiket pesawat yang lebih murah adalah connecting flight yang sering kali memiliki jam transit yang cukup lama dan juga menghabiskan tenaga. Dan juga seperti yang dijelaskan, apabila anda bepergian dengan transportasi umum juga akan memakan waktu.

Kurangnya Kenyamanan dan Keamanan

Berlibur ala backpacker biasanya tidak senyaman liburan non backpacking yang menggunakan fasilitas mewah yang nyaman seperti pesawat, hotel, dan yang lainnya. Seringkali Anda akan merasa kelelahan dalam perjalanan karena harus menempuh perjalanan panjang dan berganti-ganti kendaraan. Jika Anda adalah tipe orang yang tidak dapat mentoleransi ketidaknyamanan seperti ini, sebaiknya jangan berlibur dengan mode backpacking. Dan kendala lain adalah kurangnya keamanan karena apabila anda bepergian menggunakan jasa travel, agen pasti sudah mengenal baik lokasi berlibur yang dituju. Apalagi jika ber-backpacking sendirian, Anda dapat menjadi sasaran copet dan kriminalitas lainnya. Maka dari itu penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum berangkat ke destinasi liburan Anda.

 

Jadi, Liburan Seperti Apa yang Harus Anda Pilih?

Setelah menjelaskan tentang Backpacker serta keuntungan dan kerugianya, anda dapat menyeleksi sendiri kriteria liburan seperti apa yang anda inginkan. Karena dengan travelling backpacker atau konvensional itu tergantung dari anda sendiri. Apabila anda ingin berlibur bebas, dengan budget yang lebih murah, dan ada waktu yang lebih luang, tenaga yang lebih, dan keinginan untuk eksplorasi lebih jauh tentang suatu destinasi maka travel dengan cara backpacking sangat disarankan untuk orang seperti ini. Tetapi jika anda bepergian dengan anak kecil atau orang tua, memiliki waktu libur yang sangat terbatas, tidak mau pusing, dan lebih mengutamakan kenyamanan. Maka bepergian dengan menggunakan jasa agen travel sangatlah dianjurkan untuk kondisi seperti ini.

Apakah anda pernah melakukan perjalanan menggunakan jasa agen travel dan dengan cara backpacker? Jangan lupa berbagi cerita di kolom komentar agar anda dapat membantu pembaca lain!

 

Referensi:

https://artsons.wordpress.com/istilah-backpacker/

https://artsons.wordpress.com/backpacker-vs-traveller/

https://www.finansialku.com/ini-dia-untung-rugi-liburan-backpacker-yang-mungkin-anda-tidak-sadari/

 

Leave a Reply

Ads

5 Paket Tour Terbaik

Ads