Merujuk dari artikel sebelumnya mengenai persyaratan perpanjangan paspor 2018 , kini pada tahun 2019 tidak terdapat banyak perubahan. Salah satu persyaratan yang ingin admin tekankan ialah perpanjangan paspor juga bisa dilakukan mulai dari 6 bulan sebelum masa habis. Ini sangatlah penting mengingatkan terdapat banyak kendala ketika hendak melakukan pembelian tiket secara online namun masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan.

Persyaratan masih tetap sama yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk (E-KTP/Surat Keterangan Rekam E-KTP dari Disdukcapil)
  • Kartu Keluarga sesuai dengan E-KTP
  • Akta Lahir / Ijasah (SD/SMP/SMA/S1)/Surat Nikah (Wajib terdapat data tempat dan tanggal lahir dengan jelas) bawa semuanya sebagai antisipasi jika dibutuhkan agar tidak bolak balik ke rumah.
  • Surat penetapan ganti nama dari pengadilan jika sudah melakukan penggantian nama.
  • Fotokopi masing-masing persyaratan menggunakan kertas A4 termasuk E-KTP
  • Fotokopi paspor lama dan membawa paspor lama

Ada dua cara perpanjangan paspor yang bisa dilakukan. Pertama adalah secara manual, yaitu datang ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa beberapa persyaratan dan juga mengisi formulir yang disediakan oleh pihak imigrasi. Anda harus rela mengantri ketika melakukan perpanjangan secara manual ini.

Perpanjangan paspor yang kedua adalah melalui online. Perpanjang paspor online dinilai paling efektif dan tidak akan memakan waktu lama untuk pendaftaran. Pemohon cukup mengunjungi website antrian.imigrasi.go.id dengan memilih menu Masuk (sign in) untuk kamu yang sudah memiliki akun, dan pilih menu Masuk Dengan (sign in with) bagi kamu yang belum memiliki akun. Kamu bisa mendaftar menggunakan Facebookatau Akun Google. Antrian Imigrasi Paspor Online juga bisa kamu unduh secara gratis di PlayStore dan Google Play ya, sobat tiket. Dengan keyword “Antrian Paspor Online”.

Setelah itu anda dapat melakukan pengisian formulir yang tertera di dalam aplikasi atau web tersebut, memilih Kantor imigrasi dan jadwal, dan kemudian melakukan pembayaran pada Bank BNI baik melalui ATM ataupun datang ke Bank secara langsung.

Jenis Paspor Harga
24 Halaman Rp 100 Ribu
48 Halaman Rp 300 Ribu
E-Paspor Rp 600 Ribu

Penghitungan total biaya pembuatan paspor akan disesuaikan dengan jenis paspor yang kamu buat. Kemudian akan ditambah dengan biaya jasa biometrik sebesar Rp55.000. Contoh: anda membuat paspor biasa baru 24 halaman, maka total biayanya adalah Rp155.000.

Anda juga dapat melakukan mendaftart Antrean online via Whatsapp.

Persyaratan Perpanjang Paspor 2019
Sumber: Twitter @ditjen_imigrasi

Source:

http://blog.reservasi.com/perpanjang-paspor-2018/

https://blog.tiket.com/cara-perpanjang-paspor-online-paling-cepat/

About the author

Achmad adalah CoFounder dan CEO Cutihalal.com dengan pengalaman di bidang desain, IT dan marketing. Achmad mendirikan cutihalal.com pada 2017. Achmad juga merupakan seorang writer dan Editor.

Leave a Reply

Ads

5 Paket Tour Terbaik

Ads